Tips dan Trik Cara Memasang Cooker Hood Dapur yang Bisa Anda Terapkan

  • Share

Warta Jateng – Memasang cooker hood dapur bisa menjadi pilihan terbaik bagi dapur Anda untuk mendapatkan ventilasi udara yang sangat memadai. Dapur ideal sendiri adalah dapur yang memiliki ventilasi cukup untuk mengeluarkan kepulan asap yang terjebak di dalam dapur ketika Anda sedang memasak agar mewujudkan kondisi dapur yang bersih, ideal dan juga tidak menimbulkan suasana yang pengap. Dengan kondisi dapur yang bersih dan ideal, maka gangguan kesehatan dapat Anda hindarkan.

Jika Anda tak memiliki ventilasi yang memadai karena beberapa faktor, terutama space yang sangat kurang, maka Anda tak perlu khawatir, sebab Anda bisa mengatasi ini dengan memasang cooker hood yang memiliki fungsi sama seperti ventilasi. Cooker hood sendiri memiliki fungsi untuk menghisap asap dan juga bau yang tak sedap ketika Anda sedang masak di dalam dapur. Nantinya cooker hood ini akan mengeluarkan kepulan asap ini melalui cerobong asap di atas rumah atau genting. Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang masih saja salah memasang cooker hood sehingga hasil yang dihasilkan pun tak maksimal. Alih-alih mendapatkan udara yang bersih dan juga mendapatkan lingkungan dapur yang bersih, dapur Anda akan menjadi lebih kotor dan pengap dari biasanya. Untuk menghindarkan salah pemasangan atau miss place dalam memasang cooker hood, berikut di bawah ini adalah tips dan trik Cara Memasang Cooker Hood Dapur secara sempurna dan maksimal.

Tidak ada langkah-langkah yang sulit di sini, yang perlu Anda lakukan hanya lah mengikuti tips sederhana di bawah ini. Bahkan Anda bisa melakukannya tanpa harus berkonsultasi pada ahli ;

  • Sesuaikan ukuran kompor: cooker hood seperti yang kita ketahui akan menghisap asap dan bau yang tak sedap, maka dari itu sebelum Anda memasang cooker hood, pastikan Anda tahu berapa ukuran dari kompor Anda, dan belilah cooker hood dengan ukuran yang lebih besar dari kompor Anda. cooker hood yang lebih besar dari kompor akan dapat menghisap asap dengan baik.
  • Sesuaikan jarak dengan kompor: Hal ini sangat penting, mengingat jarak kompor dan cooker hood akan memengaruhi performa untuk mengisap asap dari masakan Anda. Jarak idealnya adalah antara 60 – 90 cm. Jika Anda menggunakan kompor gas, maka tidak kurang dari 70 cm.
  • Kondisi Dinding: Perhatikan kondisi dinding atau plafon, pastikan Anda memiliki dinding dan plafon yang kuat sebelum Anda memutuskan untuk memasang cooker hood sesuai dengan jenisnya, apakah itu model cerobong, slim hood atau built-in hood yang tersambung dengan tembok. Pastikan dinding atau plafon benar-benar kuat untuk menahan beban.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa tips Cara Memasang Cooker Hood Dapur. Ketiga tips di atas sangat mudah untuk dipraktikkan untuk memasang cooker hood dapur. Semoga bisa menjadi referensi bermanfaat !!

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *