Mengenal Aplikasi Video Conference Skype dan Cara Pakainya

  • Share

WartaJateng.co.idSebagai aplikasi video conference yang saat ini banyak digunakan, Skype hadir dengan berbagai macam fitur yang memudahkan setiap orang untuk terhubung secara online dan melakukan pertemuan tanpa pergi kemanapun.

Skype sendiri sejatinya merupakan sebuah program komunikasi milik Microsoft yang dapat diunduh dan dapat Anda gunakan tanpa dipungut biaya alias gratis. Beragam mode komunikasi mulai dari berkirim pesan teks sampai melakukan panggilan suara dan video dengan jumlah peserta sampai 50 orang bisa Anda temukan.

Selengkapnya tentang Skype beserta cara pakainya seperti apa bisa Anda cek dan simak dalam ulasan di bawah ini!

Cara Pakai Aplikasi Video Conference Skype

Cara Pakai Aplikasi Video Conference Skype

Siapkan akun Skype

Dalam penggunaan akun Skype, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasinya. Jika memanfaatkan laptop atau desktop, buka terlebih dahulu laman Skype di browser. Kemudian masuk pada halaman unduh dan pilih unduh Skype ke sistem operasi yang sesuai dengan perangkat Anda.

Sementara jika Anda menggunakan ponsel, Anda dapat mengunduh aplikasi Skype melalui Play Store. Pengguna iOS dapat mengunduh Skype di App Store. Setelah Skype terinstall dengan sempurna, pilih opsi buat akun baru dengan alamat email atau nomor telepon.

Mencari kenalan di Skype

Ketika baru pertama kali Skype Anda gunakan, aplikasi akan memberikan saran mengimpor kontak untuk menambah relasi atau kenalan di Skype. Anda pun dapat mencari kenalan dengan mengetikkan nama asli orang tersebut, nama Skype, atau alamat email pengguna di laman pencarian yang sudah tersedia. Kalau sudah, Anda bisa berkomunikasi dengan orang terdekat Anda.

Mengirim pesan teks melalui Skype

Ada beberapa cara yang Anda dapat pilih untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga atau rekan kerja melalui Skype. Pertama, melalui pesan teks. Caranya dengan klik icon kontak di sisi sebelah kiri atas aplikasi. Kemudian pilih orang yang Anda inginkan untuk menghubunginya.

Anda bisa mengetik pesan yang Anda ingin kirimkan pada sebuah kotak dengan bertuliskan ‘Type a Message’ dan klik tanda panah atau bisa Anda tekan enter.

Melakukan panggilan ke Skype dan telepon

Untuk melakukan panggilan suara melalui aplikasi Skype, pastikan bahwa audio Anda sudah benar atau dalam artian sudah dalam kondisi aktif. Setelah itu ikuti tutorial di bawah ini :

  • Pertama, klik icon titik tiga di sebelah kiri atas
  • Setelah itu pilih Settings dan pilih Audio & Videos.
  • Pada bagian Speakers and Microphone, pilih Default device atau pilih input dan input lain yang tersedia.
  • Setelah Anda memilih orang yang Anda ingin telepon, klik icon telepon di sebelah kanan atas. Nantinya akan keluar dua pilihan panggilan suara yaitu Skype ke Skype dan Skype ke telepon. Keduanya dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun.

Video call di Skype

Jika Anda dan lawan bicara atau teman kontak sama – sama memiliki akun Skype, Anda juga bisa melakukan video call melalui Skype. Agar aktivitas video call melalui Skype lancar, pastikan kamera web berjalan dengan baik.

Untuk memulai video call, langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama klik menu titik tiga, pilih settings kemudian pilih audio & videos.
  • Pilih default device yang terdapat pada bagian camera
  • Kemudian pilih orang yang Anda ingin video call dengan klik icon camera di bagian kanan atas untuk memulai panggilan video.

Oh ya, Skype juga menjadi sebuah aplikasi video conference yang hadir bersama dengan beberapa fitur baru. Fitur baru Skype salah satunya adalah Meet Now. Fitur ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna Skype melakukan panggilan video atau rapat tanpa harus memiliki akun atau mengunduh aplikasi di PC.

Anda dapat menggunakan browser Edge berbasis Chromium atau Google Chrome yang digunakan dalam membuka tautan dan juga bergabung dalam sesi Meet Now ini. Itulah sedikit review tentang aplikasi video conference Skype untuk Anda, semoga menjadi ulasan yang memberi banyak manfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *