Unik, Pelantikan Pramuwisata Brebes Dilakukan Diatas Air

INDONESIASATU.CO.ID:

BREBES: Sudah menjadi hal umum jika pelantikan kepengerusan organisasi ataupun instansi dilakukan di dalam gedung, namun berbeda dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) ini. Mereka dilantik diatas air waduk penjalin.

Pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) HPI ini dilakukan oleh DPD HPI Jawa Tengah R Pandhu Satyabrata.

Sebelum prosesi pelantikan dilakukan, hadirin mengikuti acara serimonial di sanggar edukasi yang berada di Taman Jamur Waduk Penjalin. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Amin Budi Raharjo, Kepela Bidang Pariwisata Iskandar Agung, Kepala Desa Winduaji Seger, Ketua DPD HIP Jawa Tengah R Pandhu Satyabrata, dan sejumlah tamu undangan lainya.

Seusai sambutan-sambutan, pengurus yang akan dikukuhkan menaiki perahu jukung untuk beralih ke panggung terapung yang ada di sisi kanannya. Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan. Seusai pelantikan, hadirin kembali menaiki perahu jukung menuju tempat yang telah ditentukan untuk makan siang bersama. Dalam acara makan siang itu, seluruh hadirin menyantap makanan diatas perahu, namun ada juga yang lesehan di pinggir waduk.

Usai makan siang, hadirin berkeliling objek waduk yang dibangun pada jaman belanda tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes Amin Budi Raharjo mengatakan, pariwisata di Kabupaten Brebes berkembang sejak tahun 2016 lalu, atau tepatnya sejak dirinya menjabat sebagai kepala dinas. "Saat itu, daya tarik wisata hanya ada 10, namun kini berkembang menjadi 46 daya tarik wisata." Kata Amin.

Perkembangan wisata di kabupaten Brebes tidak lepas dari Pramuwisata. Karena, peran pramuwisata sangat penting yang notabene sebagai ujung tombak pariwisata.

Amin juga menambahkan, di Kabupaten Brebes ada dua daya tarik wisata yang setara dengan tingkat nasional. Kedua daya tarik wisata tersebut yakni Waduk Malahayu dan Mangrovesari. "Tidak menutup kemungkinan daya tarik wisata lainya juga bisa seperti kedua tempat tersebut." Ucap Amin. (Pras)

  • Whatsapp

Index Berita