Nurpandi: Jangan Obok-obok Lagi, Biarkan Pedagang Untung Terus Pulang

sriyadi, 23 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PEMALANG - Perkara hukum yang sudah dijalani oleh Cari Antoni Ketua Paguyuban Pedagang Buah dan Sayur Kabupaten Pemalang di Pengadilan Negeri Pemalang sudah Inkrah dengan vonis hukuman 8 bulan penjara atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) 3 tahun penjara.

Demikian disampaikan Nurpandi Bendahara Paguyuban Pedagang Pasar Buah dan Sayur di sekretariat paguyuban, Selasa (21/1/2020), saat menyikapi Konferensi Pers yang disampaikan Cari Antoni melalui Kuasa Hukumnya, Agus Waryoko SH.

“Kalau sudah inkrah sudah vonis proses hukum sudah selesai, kalau ngungkit begini berarti fitnah apalagi difolowup. Terkait soal banding itu hak Jaksa bukan saya atau pihak Toni, karena sesuai Undang-undang vonis di bawah 2/3 tuntutan wajib banding dan yang melakukan adalah JPU,” tegasnya didampingi anggota pengurus paguyuban lainnya.

Menurut Nurpandi, apa yang disampaikan Toni bahwa anggaran swadaya paguyuban Rp 3,5 miliar itu tidak benar, mungkin itu estimasi dari Toni saja. “Tapi hanya 2,8 Miliar berasal dari swadaya pedagang. Prakteknya pedagang yang setor saya selaku bendahara Rp 1,5 M selebihnya atau sisanya Toni menarik uang setoran sendiri kepada para pedagang tanpa disetorkan ke saya selaku bendahara. Padahal pedagang saat itu hanya minta Toni datang kesini minta maaf saja. Tapi malah menantang bahwa Paguyuban utang Rp 1 M dari mana itu?,” tegasnya.

Terkait pengajuan banding, Nurpandi menegaskan, bukan dirinya atau pihak Toni yang banding melainkan JPU ke Pengadilan Tinggi Semarang,” ujarnya yang mengaku pernah menjadi wartawan sejak 1998-2001 dan pendiri media Pers Riset Indonesia.

Anggota Paguyuban Suripto mengatakan, awalnya teman-teman sudah melakukan mediasi terhadap Toni agar mengembalikan sisa uang paguyuban. Tapi Toni ditunggu tak berniat mengembalikan uang sementara perkara sudah di BAP di kepolisian. (sriyadi)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu