Jalur Penyelamat Flyover Kretek Brebes Segera Dibangun

INDONESIASATU.CO.ID:

BREBES: Jalur penyelamat segera dibangun di turunan flyover Kretek, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

"Jika tanahnya sudah siap kita akan bangun jalur penyelamat darurat terlebih dahulu. Untuk jalur penyelamat permanen menunggu disain dari pusat." Kata Kepala Urusan Tata Usaha Jalan Nasional Jawa Tengah Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Lindung Simbolon, Jum'at (23/3/2018) usai melakukan dialog dengan sejumlah tokoh masyarakat dan ormas di Mapolsek Paguyangan.

Ia mengatakan, pembuatan jalur darurat tersebut terlebih dahulu dilakukan survai tanah. Jalur penyelemat paling tidak dibangun pada jarak 250 kilometer dari flyover Kretek.

Sebelumnya, sejumlah massa melakukan aksi unjuk rasa di flyover Kretek. Mereka membentangkan baner dan poster di atas jalan layang yang berada di jalur utama Tegal-Purwokerto tersebut sambil berorasi.

Masa menduga turunan flyover yang terlalu tajam berakibat kendaraan yang melintas kerap mengalami rem blong. Belum lagi, setelah turunan flyover, ada turunan landai sepanjang 2 kilometer hingga terminal lama.

Selain turunan yang tajam, faktor lain yang menyebabkan kecelakaan yakni beban kendaraan yang melebihi tonase. Karena itu, massa meminta kepada pemerintah untuk mengaktifkan kembali jembatan timbang yang ada di Ajibarang Kabupaten Banyumas.(Yud)

  • Whatsapp

Index Berita