IPJT Lakukan Deklarasi, Pelantikan Dan Musda Di Jepara

yahya, 06 Dec 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Tegal. Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) dalam waktu dekat ini akan selenggarakan Musyawarah Daerah untuk kali pertamanya, Sabtu dan Minggu, (7-8/12).

Acara yang diselenggarakan si Hotel Julia Pantai Bandengan, Jepara - Jawa Tengah itu bertemakan 'Meningkatkan Kerukunan Dan Harmonisasi Struktual Di Sekber IPJT Seluruh Jawa Tengah".

Terdapat dua Agenda utama yang digarap IPJT berupa Deklarasi dan Pelantikan Sekretariat Bersama atau Sekber Insan Pers Jawa Tengah dengan BPK Kabupaten Jepara serta Musyawarah Daerah atau Musda pertama IPJT.

Ada sinyalemen dari sebuah sumber yang menyebutkan bahwa Musda IPJT pada dasarnya punya Hidden agenda dengan sasaran tembaknya semacam akan dilakukannya "suksesi" kepemimpinan dengan menggantikan Ketua Umum IPJT meskipun hal itu dibantah Ketua Cabang IPJT wilayah Pekalongan Raya, Ali Rosidin.

" Ah engga ada itu. Siapa bilang, " Ungkap Ali Rosidin dalam sebuah percakapannya dengan Kantor Berita Online Jurnalis Indonesia Satu di Bundaran Alun-Alun kota Tegal beberapa waktu silam.

" IPJT sebagai wadah organisasi wartawan yang ingin merubah mindset kinerja para insan pers yang harus diperjuangkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan wartawan.
Wartawan yang tergabung dlm IPJT harus bisa mengemban marwah insan pers jangan sampai mempertaruhkan martabat demi kepentingan pribadi " Papar Ali.

" Kita tidak ingin ada perlakuan diskriminatif terhadap wartawan harian dan mingguan. Semua wartawan punya hak yang sama untuk.mendapatkan informasi, " Lanjutnya.

" Kemitraan yang kita jalin terhadap semua stakeholder harus dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya mengemban tugas jurnalistiknya, " Imbuh Ali Rosidin.

Dirinya selanjutnya menyampaikan apa yang dipesankan Sekjen IPJT Pusat, Mochamad Safik yang menyampaikan bahwa deklarasi dan Pelantikan adalah sebuah proses dari perjalanan organisasi. Pelantikan dalam sebuah organisasi dilakukan dalam kerangka memantapkan dan menunjukan jati diri sebuah cabang cabang Organisasi itu sendiri.

" Sekber IPJT atau Sekretariat bersama Insan Pers Jawa tengah adalah sebuah Organisasi Nirlaba yang memiliki Potensi dan militansi  yang tidak diragukan lagi. Sekber IPJT berdiri diawali dengan keresahan serta kegundahan, para wartwan yang dalam menjalankan pekerjaan atau Profesinya seringkali terkendala dengan persoalan hukum yang selalu membayangi kerja dan kinerjanya.." Ujar Ali menirukan pesan yang telah disampaikan Sekjennya.

" Padahal, kalau kita mengacu di Undang undang No 40;tahun 1999, bahwa pers adalah lembaga sosial dan wahana Komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistiknya melipti : Mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan, gambar, suara serta data dan grafik maupun bentuk lainnya dengan menggunakan  media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang berbeda, " Katanya.

Tapi dilapangan masih menurut Ali Rosidin, dengan berkembangnya era transfornasi digital media dewasa ini, dan era transparansi, satu sisi pers menjadi sarana yang ampuh dalam melakukan kontrol sosial. Oleh karena kuatnya pengaruh pers, maka disinilah kita perlu peningkatan Profesionalitas dan Pendidikan bagi wartawan.

Maka menurutnya, peran Sekber IPJT dalam menginisiasi semua kegiatan kewartawanan bagi anggotanya dengan mengadakan pelantikan - pelantikan yang memiliki nilai nilai Edukasi sehingga mampu memberikan pencerahan dan Penerangan.

" Salah satunya adalah sosialisasi Perpres No.16 tahun 2018, Persiapan UKW dan seminar maupun Simposium dan itu pun akan dilakukan secara Rutin dan konsisiten, " Pungkas Ali Rosidin. (Anis Yahya)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu