Imbas Macet, Kunjungan Wisata di Brebes Selatan Turun

INDONESIASATU.CO.ID:

BUMIAYU - Kemacetan pada arus balik lebaran 2019 di ruas Paguyangan-Tonjong diyakini menjadi salah satu penyebab menurunya kunjungan wisatawan di beberapa objek wisata di Kabupaten Brebes wilayah selatan seperti di wisata agro Kaligua dan Tirta Husada. Diduga, warga yang hendak berwisata di kedua objek wisata tersebut mengurungkan niatnya karena tidak ingin terjebak macet di jalan raya.

Di wisata agro Kaligua di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan misalnya, kunjungan wisatawan yang masuk tidak terlalu signifikan dibanding dengan libur lebaran pada tahun 2018 lalu. Kunjungan wisata di perkebunan teh milik PTPN IX tersebut hanya mampu menarik pengunjung sekitar 2.000 wisatawan per hari.

"Puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Sabtu (8/9/2019) kemarin," kata Manajer wisata agro Kaligua, Marjono. Saat puncak kunjungan wisata, wisatawan yang datang mencapai 5.000 orang.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pengelola wisata seperti pemasangan spanduk dan banner promosi serta pemasangan iklan di berbagai media, termasuk di portalpantura.com. Selain itu, untuk menarik wisatawan, pengelola juga menggelar panggung musik di area tuk bening yang digelar mulai 6 Juni hingga 11 Juni 2019.

Meskipun kunjungan wisata tidak seperti lebaran tahun sebelumnya, Marojono berharap kunjungan wisata ke objek wisata agro yang dipimpinya akan bertampah pada musim libur sekolah yang sebentar lagi tiba.

Hal yang sama juga terjadi di objek wisata pemandian air panas (PAP) Tirta Husada Kedungoleng, Paguyangan. Koordinator wisata tersebut, Nanang Qosim mengeluh dengan penurunan kunjungan wisata pada musim libur lebaran 2019. Ia menyebut, ada penurunan 10 persen dibanding dengan libur lebaran 2018 lalu.

"Lebaran tahun ini (2019) ada penurunan dibanding dengan lebaran tahun kemarin (2018)," kata Nanang.

Meskipun ada penurunan pada musim libur lebaran kali ini, ia masih berharap banyak wisatawan yang datang ke objek wisata yang dipimpinya pada musim libur sekolah yang dimulai pekan depan. (Yudhi)

  • Whatsapp

Index Berita