Danrem 071/Wijayakusuma Ingatkan Jajaran Kodim Brebes dan Tegal Untuk Tetap Menjaga Netralitas

INDONESIASATU.CO.ID:

Brebes - Berada di aula Jenderal Soedirman Kodim 0713/Brebes, 2 Kodim pantura yaitu Kodim 0712/Tegal dan Kodim 0713/Brebes hari ini diberikan pengarahan oleh Komandan Korem 071/Wijayakusuma tentang Netralitas TNI. Kamis (14/03/2019).

Tahun 2019 adalah tahun politik dimana tanggal 17 April nanti akan terjadi pencoblosan baik Pemilu DPRD/DPD/DPR RI dan Pilpres. Berkaitan dengan itu, Danrem 071/Wk Kolonel Kavaleri Dani Wardhana menegaskan kembali netralitas TNI dalam pesta demokrasi itu di depan Dandim, Kepala Staf, Perwira Staf dan Danramil Jajaran Kodim Brebes dan Tegal.

“Seperti yang kita ketahui bersama, tahun ini adalah tahun politik. Saya ingin meyakinkan kepada anggota di Kodim Brebes dan Tegal ini untuk bisa menyiapkan, khususnya bagi yang terlibat dalam pengamanan nanti. Mereka harus tahu tugas pokok dan tanggung jawabnya masing-masing,” ujarnya memberikan penjelasan tentang tugas pokok TNI.

Kolonel Kav Dani Wardhana, meyakinkan bahwa dalam perhelatan pesta demokrasi, posisi TNI itu adalah netral. Tidak hanya netral, tapi TNI juga harus memiliki pengetahuan seperti apa netralitas. Oleh karena itu, TNI dibekali buku saku netralitas agar setiap saat bisa memedomaninya.

Danrem mengatakan, jika ditemukan anggota TNI yang bersikap tidak netral, dirinya siap memberikan tindakan tegas sesuai koridor hukum. “TNI itu harus netral. Bila kita sudah berpihak, resikonya masyarakat tidak akan percaya sama kita. Kalau masyarakat sudah tidak percaya bagaimana kita bisa mengendalikan situasi,” tegas Danrem. (***)

  • Whatsapp

Index Berita