Bupati Minta Sinok Sitong Promosikan Semua Potensi di Brebes

yudhi, 16 Sep 2018,
Share w.App T.Me

BREBES – Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) telah memilih duta wisata pada malam Grand Final Pemilihan Sinok Sitong 2018 di Besaran Hijau Jatibarang, Sabtu (15/9/2018) malam.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SH MH usai saat membuka acara tersebut mengatakan, Sinok Sitong yang telah terpilih nanti, tak hanya melulu mempromosikan sektor pariwisata saja, namun harus menguasai semua bidang.“Tak hanya pariwisata saja, tapi semua potensi yg ada, termasuk mensosialisasikan pembangunan dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat luas,” jelas Idza.

Bupati juga mengatakan, potensi wisata di Kabupaten Brebes bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. “Untuk mewujudkan dan mengembangkan itu semua, tentunya dengan dukungan semua pihak baik pemerintah maupun semua lapisan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, ketua penyelenggara Pemilihan Duta Wisata Sinok Sitong yang juga Kepala Dinparbud Kabupaten Brebes, Amin Budhi Rahardjo mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memilih duta wisata sinok sitong guna mempromosikan dan mengenalkan potensi kepariwisataan di Kabupaten Brebes baik di tingkat lokal regional, maupun nasional.

“Sinok Sitong nantinya harus berperan aktif dalam pembangunan kepariwisataan di Kabupaten Brebes, memasyarakatkan sadar wisata dan sapta pesona dalam kehidupan sehari – hari,” jelas Amin.

Menurutnya, dengan penguasaan wawasan kepariwisataan maka duta wisata ikut berperan dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di kawasan daya tarik wisata. “Jangan hanya pendapatan saja tetapi harus dibarengi dengan ikut serta melestarikan dan mengembangkan nilai nilai seni budaya bangsa khususnya di Kabupaten Brebes,” papar Amin.

Pada malam Grand Final itu, panitia telah memilih 10 pasang Sinok Sitong atau 20 final. Mereka adalah peserta yang telah mengikuti karantina dengan serangkaian pemantapan dalam wawasan kepariwisataan.

“Peserta awal saat pendaftaran mencapai 75 orang sedangkan yang daftar ulang sebanyak 71 orang dengan usia 17-25 tahun. Mereka terdiri dari perwakilan SMA, mahasiswa maupun umum,” tutur Amin.

Pada saat karantina, mereka dibekali berbagai wawasan. Di antaranya tentang kepariwisataan, kebudayaan, lingkungan hidup, motivasi diri, ngadi saliro, ngadi busono, bahasa inggris, tabel manner, hospitality, pemandu wisata, beauty class serta praktik mempromosikan pariwisata secara langsung di OW Hutan Mangrove Pandansari.

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi, akhirnya dewan juri menobatkan Mohamad Yasir Rizki dari SMA Negeri 1 Jatibarang sebagai Sitong 2018. Sedangkan untuk Sinok, terpilih Agustin Salsabila Amri dari SMA Negeri 1 Bumiayu.

Salain memilih juara satu Sinok Sitong, ada beberapa kategori juara lainnya. Di antaranya juara favorit, juara persahabatan, juara intelegensia dan juara kepribadian. (PRAS)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu